Minggu, 15 Februari 2015

Yamaha Mio M3 VS Honda Beat ESP, Siapa Jawara (KOMPARASI MOTOR by SoloPos)

Komparasi Motor Yamaha Mio M3 dengan Honda Beat ESP. Dengan harga tak jauh beda, siapakah jawaranya? Solopos.com, SOLO – Persaingan raksasa sepeda motor Jepang di kelas skuter matik makin sengit. Komparasi motor Yamaha M3 dengan teknologi Blue Core dan Honda Beat teknologi ESP, siapa jawara?

Yamaha_Mio_M3_vs_versus_Honda_Beat_ESP
Yamaha Mio M3 versus Honda Beat ESP.
Genderang perang komparasi skutik kali pertama ditabuh Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dengan menetaskan Yamaha Mio M3 yang dibekali teknologi terbaru bernama Blue Core. Tak mau kalah, Astra Honda Motor (AHM) juga meluncurkan varian terbaru Honda Beat berteknologi Enhanced Smart Power (ESP). Selain teknologi yang berbeda, apa saja kelebihan dan kekurangan dua skutik terbaru itu?

Dikutip Solopos.com dari situs resmi Yamaha dan Honda, Minggu (8/2/2015), secara garis besar, dua teknologi baru baik Yamaha Blue Core maupun Honda ESP sama-sama menawarkan pembakaran sempurna yang dapat menghemat bahan bakar.

Komparasi Mesin

Tak berubah sejak generasi pertamanya, Honda Beat ESP teranyar tetap mempertahankan mesin SOHC empat langkah berkapasitas 110 cc dengan pendingin udara. Perbedaan terbesar dengan versi sebelumnya terdapat pada teknologi ESP. Honda mengklaim ESP mampu membuat performa mesin lebih bertenaga dengan konsumsi bahan bakar yang irit karena minim gesekan pada mesin.

Dengan mesin itu, Honda Beat ESP mempu berakselerasi dari kondisi diam ke posisi 200 meter dalam waktu 12 detik. Kecepatan maksimal skutik itu berada pada angka 94 km per jam. Pada sisi keiritan, Honda mengklaim skutik itu mampu berjalan sejauh 63 km dengan satu liter bahan bakar.

Sedikit berbeda, Yamaha Mio M3 kali ini hadir dengan mesin berkapasitas 125 cc. Dipadukan dengan teknologi Blue Core yang minim gesekan pada mesin dan setingan CVT terbaru, skutik itu mampu memuntahkan tenaga sebesar 9,52 PS pada 8.000 rpm, dan torsi maksimal 9,6 Nm pada 5.500 rpm.

Penerapan Blue Core lain juga terdapat pada bobot mesin dan sasis yang dibuat lebih ringan. Dengan strategi itu, Yamaha mengklaim performa Mio M3 lebih bertenaga.

Komparasi Fitur

Yamaha Mio M3 hadir dengan grafis lebih segar dari versi sebelumnya, yakni Mio J. Selain menguatkan kesan jiwa muda, skutik ini juga dibekali sejumlah fitur seperti Eco lamp indicator dan bagasi yang cukup luas.

Sedangkan Honda Beat ESP, meski tak mengusung desain baru dari versi sebelumnya, skutik ini justru dibekali fitur baru. Pada skutik ini Honda menanamkan fitur penghidupan motor tanpa suara bernama ACG Starter, Idling Stop System dan bagasi berkapasitas 11 liter. Meski demikian, sejumlah pihak berpendapat bahwa desain kedua motor itu tampak mirip jika dilihat sekilas.

Komparasi Harga

Meski mengusung kapasitas mesin yang lebih besar, harga Yamaha Mio M3 varian terendah dibanderol Rp100.000 lebih mahal dari Mio J, yakni sebesar Rp13,9 juta on the road (OTR) Jakarta. Sedangkan Honda Beat ESP, varian terendah dibanderol Rp14,1 juta OTR Jakarta.


Sebagaimana dikutip dari: http://www.solopos.com/2015/02/08/komparasi-motor-yamaha-mio-m3-vs-honda-beat-esp-siapa-jawara-575368

0 komentar:

Poskan Komentar