Senin, 09 Maret 2015

Iritnya Yamaha Mio M3, 1 Liter Tempuh 92,60 Kilometer

Yamaha Mio M3

Senin, 9 Maret 2015 22:56 WITA
Alian_Noor_Service_Manager_Yamaha_Kaltim_Kaltara_mengukur_penggunaan_bahan_bakar_minyak_dalam_lomba_adu_irit_Mio_M3_125_AHMAD_SIDIK
ahmad sidik/tribunkaltim
Tes hemat BBM Yamaha Mio M3.
TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Yamaha Mio M3 125 merupakan motor Yamaha generasi ketiga yang bisa menjadi pilihan semua kalangan. Motor 125 CC ini terbukti irit. Hal ini di buktikan melalui lomba adu irit Yamaha Mio M3 125.

Lomba adu irit Yamaha Mio M3 125 yang dilaksanakan di km 13 Balikpapan, 7 - 8 Maret tidak hanya tentang penggunaan BBM yang sedikit, tetapi menampilkan kemampuan mesin 125 CC.

Perlombaan dilakukan dengan memutari tol Km 13 Balikpapan sebanyak tujuh kali. Setelah itu dihitung seberapa besar penggunaan BBM selama lomba. "Panjang lintasan sekitar 24 KM," ujar Aryanto, Branch Manager Kaltim Kaltara. Kestabilan akselerasi menjadi hal yang diutamakan para peserta dalam perlombaan. "Tidak terlalu cepat tapi juga tidak lambat," ujar Rosyid, peserta lomba adu irit.

Sebelumnya panitia lomba memenuhi tangki motor. Nantinya dihitung berapa besar bensin yang terpakai selama pemakaian tujuh kali putaran. Panjang lintasan yang ditempuh dalam lomba adu irit sekitar 24 Km.

Untuk mengetahui BBB yang dihabiskan, panitia mengisi kembali tangki BBM yang telah digunakan dalam lomba sampai penuh. Jumlah tangki yang diisi kembali dihitung dengan jumlah kilometer pada spidometer.

"Cara menghitung penggunaan BBM selama lomba, jumlah Km setelah lomba dikurang jumlah km sebelum lomba. Hasilnya dibagi jumlah bensin yang dipakai dan dikali 1000," ujar Effendi, Panitia Lomba.

Meski yang dilombakan adu irit, ada satu peserta yang nekat melaju dengan kecepatan yang lebih tinggi dari peserta lainnya. Dia melewati peserta lainnya hingga dua putaran. Menurutnya lomba adu irit tidak hanya menguji seberapa kecil pemakaian BBM, namun kemampuan mesin juga harus diperhitungkan.

Hasil perlombaan diketahui bahwa 1 liter BBM bisa menempuh jarak 92,60 kilometer. Service Manajer Yamaha Kaltim-Kaltara, Alian Noor berharap touring ini bisa menjadi pengenalan teknologi motor Yamaha yang makin berkembang. (*)


Penulis: Ahmad Sidik
Editor: Sumarsono
Sumber: http://kaltim.tribunnews.com/2015/03/09/iritnya-yamaha-mio-m3-1-liter-tempuh-92-60-kilometer

0 komentar:

Poskan Komentar