Sabtu, 13 September 2014

Perawatan Dinamo Starter Yamaha Mio

Punya kendaraan yang tidak dirawat ataupun masa pakainya sudah di atas 2 tahunan, pasti masalah mulai banyak yang muncul di beberapa bagian. Memang hal tersebut paling repot kalau tidak segera diatasi. Seperti dialami Wawan, salah satu pengendara Yamaha Fino keluaran 2012 ini sedang mengalami nasib buruk.

Sudah mulai sulit untuk menyalakan skutik kesayangan menggunakan electric starter lagi. Sekarang lebih sering menggunakan kick starter. Hal itu semakin lama semakin tidak kuat seperti aki yang sudah soak.

Padahal bukan dari aki. Karena pas dicek, aki masih bagus,” jelas warga Pondok Labu, Jakarta Selatan ini. Usut punya usut, ketika dibawa ke bengkel, alhasil ditemukan juga tersangka utamanya, nih. Dinamo starternya Fino Wawan sudah berhasil mengumpulkan gumpalan debu alias kotor pada bagian dalamnya.

Ternyata dinamo yang sudah kotor salah satu penyebabnya,” jelas Topan salah satu mekanik Alon Racing di kawasan Halim, Jakarta Timur ini. Sekarang tugasnya tinggal kita bersihkan bagian dalamnya. Karena semakin kita diamkan, peranti tersebut bisa bertambah rusak.


Bagaimana cara membersihkan dan cara bongkarnya? Yuk kita simak caranya dari Topan.
  1. Pertama, kita bongkar bagian yang menutup dinamo tersebut. Dilanjutkan dengan melepas dua baut yang menempel pada dinamo ke mesin menggunakan kunci ukuran 10.

  2. Setelah itu, tinggal kita lepaskan baut pada dinamo menggunakan tang buaya atau bisa memakai kunci 6 mm.

  3. Sekarang kita cabut ujung dinamo pakai tangan, tapi sebelumnya diketok agar lebih mudah melepasnya.

  4. Kemudian tinggal kita bersihkan bagian dinamo dalamnya menggunakan kuas untuk menghilangkan kotoran yang menempel.

  5. Bersihkan juga selongsong magnetnya memanfaatkan angin kompresor.
sumber: (motor.otomotifnet.com)

0 komentar:

Poskan Komentar